INFORMASI LOWONGAN
Telah dibuka lowongan
kerja bagi para pencari kerja untuk mengisi kebutuhan tenaga professional di PT.
KERETA API INDONESIA (PERSERO) TAHUN 2014
INFORMASI PERUSAHAAN
Kehadiran
kereta
api di Indonesia ditandai dengan pencangkulan pertama pembangunan jalan KA
di desa Kemijen, Jum'at tanggal 17 Juni 1864 oleh Gubernur Jenderal Hindia
Belanda, Mr. L.A.J Baron Sloet van den Beele. Pembangunan diprakarsai oleh
Naamlooze Venootschap Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NV. NISM)
yang dipimpin oleh Ir. J.P de Bordes dari Kemijen menuju desa Tanggung (26 Km)
dengan lebar sepur 1435 mm. Ruas jalan ini dibuka untuk angkutan umum pada hari
Sabtu, 10 Agustus 1867.
Keberhasilan
swasta, NV. NISM membangun jalan KA antara Kemijen - Tanggung, yang kemudian
pada tanggal 10 Februari 1870 dapat menghubungkan kota Semarang - Surakarta
(110 Km), akhirnya mendorong minat investor untuk membangun jalan KA di daerah
lainnya. Tidak mengherankan, kalau pertumbuhan panjang jalan rel antara 1864 -
1900 tumbuh de-ngan pesat. Kalau tahun 1867 baru 25 Km, tahun 1870 menjadi 110
Km, tahun 1880 mencapai 405 Km, tahun 1890 menjadi 1.427 Km dan pada tahun 1900
menjadi 3.338 Km.
Selain
di Jawa, pembangunan jalan KA juga dilakukan di Aceh (1874), Sumatera Utara
(1886), Sumatera Barat (1891), Sumatera Selatan (1914), bahkan tahun 1922 di
Sulawasi juga telah dibangun jalan KA sepanjang 47 Km antara Makasar-Takalar,
yang pengoperasiannya dilakukan tanggal 1 Juli 1923, sisanya Ujungpandang -
Maros belum sempat diselesaikan. Sedangkan di Kalimantan, meskipun belum sempat
dibangun, studi jalan KA Pontianak - Sambas (220 Km) sudah diselesaikan.
Demikian juga di pulau Bali dan Lombok, pernah dilakukan studi pembangunan
jalan KA.
Sampai
dengan tahun 1939, panjang jalan KA di Indonesia mencapai 6.811 Km. Tetapi,
pada tahun 1950 panjangnya berkurang menjadi 5.910 km, kurang Iebih 901 Km
raib, yang diperkirakan karena dibongkar semasa pendudukan Jepang dan diangkut
ke Burma untuk pembangunan jalan KA di sana.
Jenis
jalan rel KA di Indonesia semula dibedakan dengan lebar sepur 1.067 mm; 750 mm
(di Aceh) dan 600 mm di beberapa lintas cabang dan tram kota. Jalan rel yang
dibongkar semasa pendudukan Jepang (1942 - 1943) sepanjang 473 Km, sedangkan
jalan KA yang dibangun semasa pendudukan Jepang adalah 83 km antara Bayah -
Cikara dan 220 Km antara Muaro - Pekanbaru. Ironisnya, dengan teknologi yang
seadanya, jalan KA Muaro - Pekanbaru diprogramkan selesai pembangunannya selama
15 bulan yang mempekerjakan 27.500 orang, 25.000 diantaranya adalah Romusha.
Jalan yang melintasi rawa-rawa, perbukitan, serta sungai yang deras arusnya
ini, banyak menelan korban yang makamnya bertebaran sepanjang Muaro- Pekanbaru.
Setelah
kemerdekaan Indonesia diproklamir-kan pada tanggal 17 Agustus 1945, karyawan KA
yang tergabung dalam Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) mengambil alih kekuasa-an
perkeretaapian dari pihak Jepang. Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada
tanggal 28 September 1945. Pembacaan pernyataan sikap oleh Ismangil dan
sejumlah anggota AMKA lainnya, menegaskan bahwa mulai tanggal 28 September 1945
kekuasaan perkeretaapian berada di tangan bangsa Indonesia. Orang Jepang tidak
diperbolehkan campur tangan lagi urusan perkeretaapi-an di Indonesia. Inilah
yang melandasi ditetapkannya 28 September 1945 sebagai Hari Kereta Api di
Indonesia, serta dibentuknya Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI).
PERSYARATAN PELAMAR RINCIAN KEBUTUHAN JABATAN DAN KUALIFIKASI PENDIDIKAN
A.
|
Kriteria Pelamar
|
|
|
1.
|
Warga Negara Indonesia
(WNI);
|
|
2.
|
Sehat jasmani /rohani dan tidak
berkacamata serta tidak buta warna;
|
|
3.
|
Berkelakuan baik;
|
|
4.
|
Berijazah SMA/SMK dan
rata-rata nilai NEM minimal 6,50 ;
|
|
5.
|
Usia pelamar per 31 Agustus 2014
serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 30 (tiga
puluh) tahun ;
|
|
6.
|
Tinggi / Berat Badan : Pria,
minimal 160 cm (berat badan ideal);
|
|
7.
|
Tidak pernah terlibat Narkoba atau
Psikotropika;
|
|
8.
|
Tidak bertato dan bertindik;
|
|
9.
|
Bersedia ditempatkan di seluruh
wilayah kerja PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO);
|
|
10.
|
Lulus dalam mengikuti
Seleksi Calon Pekerja Baru yang diselenggarakan oleh Panitia Rekrut PT
KERETA API INDONESIA (PERSERO) Tahun 2014.
|
|
|
|
B.
|
Persyaratan umum lamaran :
|
|
|
a.
|
Fotocopy Ijazah SMA/SMK
dilegalisir;
|
|
b.
|
Fotocopy NEM dilegalisir;
|
|
c.
|
Fotocopy Kartu Tanda Penduduk
(KTP) yang masih berlaku ;
|
|
d.
|
Pas foto berwarna terbaru ukuran
4X6;
|
|
e.
|
Asli surat Keterangan Sehat
terbaru dari Klinik Kereta Api (alamat klinik dapat di lihat di website : rekrut.kereta-api.co.id)
yang dapat diperoleh mulai tanggal 6 Agustus sampai dengan 17 Agustus
2014 (hari minggu dan hari libur nasional tidak dilayani);
|
|
f.
|
Foto copy Akte Kelahiran / Surat
Kenal Lahir;
|
|
g.
|
Asli Surat Keterangan Kelakuan
Baik dari Kepolisian yang masih berlaku;
|
|
h.
|
Surat Pernyataan bersedia
ditempatkan di seluruh wilayah perusahaan bermaterai Rp.
6.000,00(ditulis tangan sendiri);
|
|
i.
|
Surat Pernyataan bersedia
dituntut oleh hukum yang berlaku serta dikeluarkan dari perusahaan, apabila
data yang diberikan pada saat melamar tidak benar / palsu, bermaterai Rp.
6.000,00 (ditulis tangan sendiri);
|
|
j.
|
Curiculum Vitae, mencantumkan pengalaman
bekerja sampai dengan saat ini;
|
|
k.
|
Ijazah tertinggi yang dimiliki
bila ada;
|
|
l.
|
Sertifikat keahlian lainnya bila
ada;
|
|
m.
|
Asli surat keterangan bebas
narkoba dari kepolisian.
|
|
|
Keterangan :
|
|
~
|
Persyaratan a,b,c,d dan e di
upload di web;
|
|
~
|
Persyaratan f, g, h, I, j, k, l
dan m diberikan pada saat penandatangan kontrak magang.
|
|
|
|
C.
|
Prosedur Melamar :
|
|
|
1.
|
Pelamar harus mengisi/entry data
pada Formulir lamaran kerja yang tersedia melalui Website :
www.rekrut.kereta-api.co.id pelamar secara otomatis akan memperoleh user
name, password dan nomor register mulai tanggal 4 Agustus 2014;
|
|
2.
|
Pelamar log ini menggunakan user
name dan password yang diperoleh pada saat registrasi, kemudian pelamar meng-upload
file dokumen lampiran sesuai persyaratan umum lamaran huruf a,b,c,d dan e
paling lambat tanggal 17 Agustus 2014;
|
|
3.
|
Semua proses rekrut melalui
website, diluar itu tidak dilayani.
|
|
|
|
D.
|
Ketentuan Lainnya :
|
|
|
1.
|
Pelamar yang dipanggil untuk
mengikuti seleksi, hanya pelamar yang dinyatakan lulus seleksi tahap
1/administrasi dan memenuhi kriteria serta sesuai sort list yang akan diumumkan
pada tanggal 27 Agustus 2014;
|
|
2.
|
Pengumuman / pemanggilan
peserta yang akan mengikuti proses seleksi, dapat diakses di website :
www.rekrut.kereta-api.co.id
|
|
3.
|
Setiap pelaksanaan seleksi,
peserta wajib membawa kartu tanda peserta yang dicetak melalui website dan
diperlihatkan kepada panitia pada saat seleksi;
|
|
4.
|
Dalam proses seleksi ini tidak
dipungut biaya apapun dan dihimbau untuk mengabaikan pihak-pihak yang
menjanjikan dapat membantu kelulusan;
|
|
5.
|
Dalam proses seleksi ini berlaku
sistem gugur dan keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat;
|
|
6.
|
Peserta seleksi yang tidak hadir
pada waktu yang telah ditentukan, dianggap mengundurkan diri.
|
Formasi
menurut pendidikan
|
|||
No
|
Jenis
Pekerjaan
|
Pendidikan
|
Ket
|
1
|
Pekerja
Operasi Prasarana
|
SMA
IPA/SMK Listrik dan Elektronika
|
Pria
|
2
|
Pekerja
Operasi Sarana (Awak KA)
|
SMA
IPA/SMK Listrik, Elektronika dan Mesin
|
Pria
|
TEMPAT KEDUDUKAN
|
KEBUTUHAN
|
|
DAOP 1 JAKARTA
|
TENAGA PRASARANA
|
TENAGA SARANA
|
DAOP 2 BANDUNG
|
TENAGA PRASARANA
|
TENAGA SARANA
|
DAOP 3 CIREBON
|
TENAGA PRASARANA
|
TENAGA SARANA
|
DAOP 4 SEMARANG
|
TENAGA PRASARANA
|
TENAGA SARANA
|
DAOP V PURWOKERTO
|
TENAGA PRASARANA
|
-
|
DAOP VI YOGYAKARTA
|
TENAGA PRASARANA
|
-
|
DAOP VII MADIUN
|
TENAGA PRASARANA
|
-
|
DAOP VIII SURABAYA
|
-
|
TENAGA SARANA
|
DAOP IX JEMBER
|
TENAGA PRASARANA
|
TENAGA SARANA
|
DIVRE 1 SUMATERA UTARA
|
TENAGA PRASARANA
|
TENAGA SARANA
|
DIVRE 2 SUMATERA BARAT
|
TENAGA PRASARANA
|
TENAGA SARANA
|
SUBDIVRE 3.1 KERTAPATI
|
TENAGA PRASARANA
|
TENAGA SARANA
|
SUBDIVRE 3.2 TANJUNGKARANG
|
TENAGA PRASARANA
|
-
|
Alamat
Klinik PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) untuk Surat Sehat Calon Pelamar :
1.
Klinik Manggarai.
Jl. Bukit Duri Utara I No. 1, Manggarai Selatan, Tebet,
Jakarta Selatan
2.
Klinik Pratama Bandung.
Jl. Kebonkawung No. 43 Bandung
3.
Klinik Cirebon
Jl. Inspeksi No. 6, Cirebon
4.
Klinik Thamrin
Jl. MH. Thamrin No. 3 Semarang
5.
Klinik Utama Purwokerto
Jl. Jendral Sudirman Gg. Permata No. 1 Purwokerto
6.
Klinik Wongsodirjan Yogyakarta
l. Wongsodirjan No. 8 Yogyakarta
7.
Klinik Madiun
Jl. Yos Sudarso No. 125 Madiun
8.
Klinik Surabaya Gubeng
Jl. Indrakila No. 2A, Surabaya
9.
Klinik Jember
Jl. Wijaya Kusuma No. 15 Jember
10.
RS. Mandiri
Jl. Cendana No. 2 Medan
11.
Klinik Padang
Jl. Andalas No. 3 Padang
12.
Klinik Utama Kertapati
Jl. Ki Merogan No. 1 Kertapati, Palembang
13.
Klinik Pratama Tanjungkarang
Jl. Kotaraja No. 1 Tanjungkarang
INFORMASI PENEMPATAN
TEMPAT KEDUDUKAN
|
KEBUTUHAN
|
|
DAOP 1 JAKARTA
|
TENAGA PRASARANA
|
TENAGA SARANA
|
DAOP 2 BANDUNG
|
TENAGA PRASARANA
|
TENAGA SARANA
|
DAOP 3 CIREBON
|
TENAGA PRASARANA
|
TENAGA SARANA
|
DAOP 4 SEMARANG
|
TENAGA PRASARANA
|
TENAGA SARANA
|
DAOP V PURWOKERTO
|
TENAGA PRASARANA
|
-
|
DAOP VI YOGYAKARTA
|
TENAGA PRASARANA
|
-
|
DAOP VII MADIUN
|
TENAGA PRASARANA
|
-
|
DAOP VIII SURABAYA
|
-
|
TENAGA SARANA
|
DAOP IX JEMBER
|
TENAGA PRASARANA
|
TENAGA SARANA
|
DIVRE 1 SUMATERA UTARA
|
TENAGA PRASARANA
|
TENAGA SARANA
|
DIVRE 2 SUMATERA BARAT
|
TENAGA PRASARANA
|
TENAGA SARANA
|
SUBDIVRE 3.1 KERTAPATI
|
TENAGA PRASARANA
|
TENAGA SARANA
|
SUBDIVRE 3.2 TANJUNGKARANG
|
TENAGA PRASARANA
|
-
|
DATELINE LOWONGAN
17 Agustus 2014
ALAMAT PENGIRIMAN LOWONGAN
SUMBER
0 comments:
Post a Comment